Dikutip dari pos-kupang.com, Badan Litbang Kota Kupang mengadakan kegiatan seminar proposal kajian peningkatan keterampilan kerja bagi masyarakat pencari kerja yang melibatkan banyak pihak di Palapa Resto Rabu (11/4/2018).

Saat ditemui di sela-sela kegiatan Kepala Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kota Kupang, Noce Nus Loa mengatakan latar belakang adanya kajian ini adalah melihat fenomena banyak pencari kerja yang membrrikan kontribusi terbesar bagi problematika di kota-kota termasuk Kota Kupang.

Para pencari kerja ini menurut Noce belum memiliki mutu atau kualitas bekerja yang baik dalam pekerjaan apapun. Pemerintah ingin membuat kajian sektor informal mengenai bagaimana meningkatkan keterampilan kerja pencari kerja agar bisa memiliki kualitas pekerja yang bagus.

” Pada prinsipnya semua orang kan harus survive harus sehat dan berpendidikan untuk itu sebelum mencapai itu semua, skill dan kualitas dalam bekerja harus dimiliki agar ia bisa mendapatkan kehidupan yang layak,” ujar Noce.

Tujuan kajian ini adalah untuk menuntut masyarakat pencari kerja agar bisa mengesplorasi berbagai macam ekonomi kreatif yang bisa mendatangkan.penghasilan. Kemudian memberi arahan kepada masyarakat pencari kerja secara berkesinambungan untuk mendapatkan pendididikan trnaga kerja sesuai usaha masing-masing dan yang ketiga adalah supaya bisa membuahkan rumusan-rumusan bagi pemerintah yang bisa membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat pencari kerja di Kota Kupang.

” Di kota kota besar apa saja yang dijual laku dan ada peminatnya ini yang ingin kita lakukan di Kota Kupang. Kita masih punya banyak tempat kosong. Setiap jam 3 sore silahkan kota ini dimanfaatkan masyarakat untuk usaha kuliner atau apa saja tapi pagi sampai siang tidak boleh,” ujar Noce.

Peserta yang hadir berjumlah 50 orang terdiri dari Dinas ketenagakerjaan, Dinas Perindustrian, kelompok usaha yang sedang berkembang, perguruan tinggi, Lemlit, SMK, mahasiswa yang belum punya pekerjaan dan media.

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *