Dikutip dari Kupangkota.go.id, dalam mewujudkan pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan kesejahteraan masyarakat perlu dilaksanakan inovasi-inovasi. Demikian disampaikan Pj. Sekretaris Daerah Kota Kupang Drs. Yoseph Rera Beka saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah) dan Indeks Inovasi Daerah di Aula Tirta PDAM Kota Kupang, Senin (6/5).

Turut hadir, Adi Suhendra M.Sosio Peneliti dari Pusat Litbang Inovasi Daerah Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Kupang, Kepala Badan Balitbang Kota Kupang, Para Pimpinan OPD Lingkup Kota Kupang dan peserta Bimtek.

Pj. Sekda Kota Kupang, Drs Yoseph Rera Beka,dalam sambutannya menyampaikan Pemkot Kupang mendukung Pemerintah Pusat untuk mendorong percepatan pembangunan di daerah melalui replikasi inovasi daerah yang telah menjadi best practice dengan memodifikasi inovasi menjadi sebuah inovasi yang berskala nasional yang dapat digunakan bersama oleh pemerintah Pusat, pemerintah Provinsi dan pemerintah Kabupaten/Kota dengan menggunakan sistem informasi berupa aplikasi dan infrastruktur berbagi pakai sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas serta saling terintegrasi secara nasional.

Adi Suhendra M. Sosio, Peneliti dari Pusat Litbang Inovasi Daerah Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri RI dalam pemaparannya menunjukkan Pemerintah pusat memberikan arahan kepada pemerintah daerah untuk berinovasi bersama. Karena, tentu inovasi nasional tidak dapat berjalan sendiri tanpa dukungan inovasi dari daerah.

“Yang lebih penting bagaimana kita meningkatkan inovasi yang ada di daerah. Pemerintah Kota Kupang sudah ada inovasi yang berhasil dilakukan yaitu inovasi SINOVIK (Sistem Inovasi Pelayanan Publik) dan inovasi pelayanan publik. Kota Kupang dapat berkontribusi dalam membuat inovasi-inovasi yang baru, oleh karena itu yang berinovasi diharapkan semua perangkat daerah yang dapat mengerakkan sektor– sektor, baik inovasi tata kelola dan inovasi pelayanan publik,” Katanya.

Ketua panitia Ir. Hendrik P. S. Saba menyampaikan Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah) merupakan hasil pengkajian, perekayasaan, pendataan, adopsi dan modifikasi serta replikasi berbagai inovasi daerah terbaik menjadi sebuah inovasi berskala nasional, Pembangunan Puja Indah daerah dilaksanakan menggunakan aplikasi berbagai pakai sehingga lebih efisien dan terintegrasi seluruh indonesia.

“Kota Kupang ditetapkan sebagai salah satu daerah contoh (pilot project) penerapan Puja Indah, Bimtek Puja Indah meliputi tujuh aplikasi inovasi terbaik antar lain aplikasi layanan, pendidikan, kesehatan, kependudukan, komoditi, ketenagakerjaan, DPRD dan perizinan,” Tambahnya.

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *